Tugas pokok dan fungsi

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

Nama Jabatan            :  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Pemegang Jabatan       :  Fransiskus Meron, S.Sos, M.Si

Unit Kerja                      :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                 :  Menyelenggarakan perumusan dan penetapan kebijakan teknis, perencanaan dan penyusunan program, pengendalian dan pengkoordinasian

pelaksanaan kebijakan teknis serta pembinaan administrasi dan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata serta kerjasama dan promosi.

         Fungsi :

  1. Pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pariwisata dan kebudayaan.
  2. Perumusan dan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata serta kerjasama dan promosi
  3. Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi.
  4. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan tertentu dalam rangka mendukung kebijakan di bidang urusan pariwisata dan kebudayaan serta otonomi daerah.
  5. Pelaksanaan pengembangan destinasi unggulan dan pemasaran pariwisata dan kebudayaan.
  6. Pelaksanaan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional.
  7. Pelaksanaan tugas dan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai lingkup bidang pariwisata dan kebudayaan

Uraian Tugas :

  1. menyelenggarakan perumusan dan penetapan kebijakan teknis Dinas sesuai dengan kebijakan umum Pemerintah Kabupaten Sanggau;
  2. menyelenggarakan penetapan rencana program kerja di bidang  kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama serta kelompok jabatan fungsional;
  3. menyelenggarakan pengendalian dan pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan teknis dan program kerja di bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama, serta kelompok jabatan fungsional;
  4. menyelenggarakan fasilitasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan program di bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama serta, kelompok jabatan fungsional;
  5. menyelenggarakan perumusan bahan pertimbangan dan rekomendasi kepada Bupati sebagai bahan penetapan kebijakan umum di bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama serta kelompok jabatan fungsional;
  6. menyelenggarakan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, swasta dan lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan Dinas;
  7. menyelenggarakan koordinasi perumusan rencana strategis, pelaksanaan tugas-tugas teknis dan pelaporan LAKIP, LPPD, LKPJ Dinas yang meliputi bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama serta kelompok jabatan fungsional;
  8. menyelenggarakan perumusan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  9. menyelenggarakan monitoring, evaluasi, pengendalian, dan pelaporan pelaksanaan rencana kerja, program kerja dan tugas di bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata dan promosi dan kerjasama serta kelompok jabatan fungsional;
  10. menyelenggarakan pembinaan administrasi dan teknis di bidang kesekretariatan, kebudayaan, pembinaan dan pengembangan sarana dan objek wisata serta promosi dan kerjasama serta kelompok jabatan fungsional; dan
  11. menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi

 

Nama Jabatan               :   Sekretaris

Pemegang Jabatan          :   Dayang Rukiah, S.Sos

Unit Kerja                         :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                    :   melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis dan pengendalian administrasi teknis di bidang kesekretariatan.

         Fungsi

  1. pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum;
  2. pengkajian bahan rencana program kerja di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum;
    1. pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang penyusunan    program, keuangan, kepegawaian dan umum; dan
    2. pengendalian administrasi dan teknis di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum.

Uraian Tugas :

  1. membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas di bidang Kesekretariatan;
  2. melaksanakan pengkajian bahan rencana program kerja Sekretariat;
  3. melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis kesekretariatan di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum;
  4. melaksanakan pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum;
  5. melaksanakan pengendalian administrasi keuangan;
  6. melaksanakan pengkajian rumusan kebijakan anggaran;
  7. melaksanakan pengendalian administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pengendalian ketatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  9. melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  10. melaksanakan pengelolaan dokumentasi peraturan perundang-undangan, perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat;
  11. melaksanakan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;
  12. melaksanakan pengkajian bahan pembinaan jabatan fungsional;
  13. melaksanakan pengkajian bahan perumusan rencana strategis, LAKIP, LPPD, LKPJ Dinas;
  14. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  15. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  16. melaksanakan pengkajian bahan fasilitasi di bidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian dan umum;
  17. melaksanakan ketatausahaan Sekretariat;
  18. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas kesekretariatan; dan
  19. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Nama Jabatan                  : Kasubbag keuangan

Pemegang Jabatan             : SURADI

Unit Kerja                            : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                       : Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta    pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang keuangan.

      Fungsi

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja di bidang keuangan; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif di bidang keuangan..

      Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Subbagian Keuangan;
  2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi di bidang keuangan;
    1. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis di bidang keuangan Dinas;
    2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan dan penyiapan anggaran Dinas;
    3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengadministrasian dan pembukuan keuangan Dinas;
    4. melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan daerah serta pembayaran lainnya;
    5. melaksanakan perbendaharaan keuangan;
    6. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan administrasi   keuangan;
    7. melaksanakan administrasi anggaran Dinas;
    8. melaksanakan verifikasi keuangan;
    9. melaksanakan perbendaharaan umum keuangan dan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan;
    10. mengumpulkan dan menyiapkan bahan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi dari masing-masing satuan kerja bidang.
    11. melaksanakan monitoring dan evaluasi administrasi keuangan;
    12. melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bidang keuangan;
    13. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
    14. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis di bidang keuangan;
    15. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi di bidang keuangan;
    16. melaksanakan ketatausahaan di bidang keuangan;
    17. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja dan tugas di bidang keuangan; dan
    18. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;

 

Nama Jabatan                     :     Kepala Sub Bagian Umum

Pemegang Jabatan                :     Sundari, S.Pd

Unit Kerja                               :     Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                          :     Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas

  • operasional dan administratif di bidang umum dan penyusunan program.

                Fungsi

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja bidang umum dan penyusunan program ; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif bidang umum dan penyusunan program.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Subbagian Umum ;
  2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi di bidang umum dan penyusunan program;
  3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis di bidang umum dan penyusunan program;
  4. melaksanakan penyusunan bahan rencana dan pelaksanaan sistem informasi Dinas;
    1. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan rencana strategis LAKIP, LPPD, LKPJ Dinas;
    2. melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
    3. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat/naskah Dinas dan arsip serta pengelolaan perpustakaan;
    4. melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat Dinas;
    5. melaksanakan penyusunan dan pengendalian administrasi Perjalanan Dinas Pegawai;
    6. melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat dan pendokumentasian;
    7. melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan aset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor;
    8. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
    9. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis di bidang umum;
    10. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi di bidang umum;
    11. melaksanakan ketatausahaan bidang subbagian umum;
    12. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja dan tugas di bidang umum; dan
    13. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

 

Nama Jabatan                     :  Kepala Sub Bagian Kepegawaian

Pemegang Jabatan                :  Syarifah Yuliana

Unit Kerja                               :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                          :   Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan   kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang kepegawaian.

Fungsi

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja bidang kepegawaian ; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif bidang kepegawaian.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Subbagian Kepegawaian ;
  2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi di bidang kepegawaian;
  3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis di bidang kepegawaian;
  4. melaksanakan penyusunan dan pengolahan data kepegawaian;
  5. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Dinas;
  6. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pembinaan disiplin pegawai;
  7. melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional;
  8. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan karir dan mutasi serta pemberhentian pegawai;
  9. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pembinaan kepegawaian kepada unit kerja di lingkungan Dinas;
  10. melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
  11. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan jabatan fungsional;
  12. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  13. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kepegawaian;
  14. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi di bidang kepegawaian;
  15. melaksanakan ketatausahaan bidang subbagian kepegawaian;
  16. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja dan tugas di bidang kepegawaian; dan
  17. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Nama Jabatan               :  Kepala Bidang Kebudayaan

Pemegang Jabatan         :   Drs. Ade Ali Akbar

Unit Kerja                        :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                   :  Melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis dan pembinaan serta pengendalian

administrasi teknis di bidang kebudayaan.

         Fungsi                            :

  1. pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
  2. pengkajian bahan rencana program kerja di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
  3. pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya; dan
  4. pengendalian administrasi dan teknis di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan pengkajian perumusan kebijakan teknis Kebudayaan di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
  2. melaksanakan pengkajian bahan rencana program kerja Bidang Kebudayaan;
    1. melaksanakan pengkajian bahan koordinasi di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    2. melaksanakan pengkajian bahan pembinaan di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    3. melaksanakan pengendalian administrasi dan teknis pelaksanaan kebijakan teknis dan program kerja di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    4. melaksanakan pengkajian bahan kerjasama di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    5. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    6. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
    7. melaksanakan pengkajian bahan fasilitasi di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    8. melaksanakan pengendalian ketatausahaan di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya;
    9. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas di bidang bina seni, bina budaya, sejarah dan nilai tradisional serta pengembangan SDM bidang Seni Budaya; dan
    10. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Nama Jabatan               :     Kepala Seksi Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional

Pemegang Jabatan          :     Yordanus, A.Ma, Pd

Unit Kerja                         :     Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                    :      Membantu Kepala Bidang dalam penyelenggaraan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional.

Fungsi                                     :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  2. pengelolaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional; dan
  4. pelaksanaan tugas lain, yang diberikan oleh Bidang Kebudayaan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Seksi Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  4. melaksanakan penyusunan inventarisasi dan dokumentasi sumber sejarah dan publikasi sejarah;
  5. melaksanakan penyusunan data base dan sistem informasi geografi sejarah;
  6. melaksanakan penyusunan bahan penanganan perlindungan, pemeliharaan dan pemanfaatan Benda Cagar Budaya (BCB)/situs warisan budaya;
  7. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan, pemanfaatan dan akreditasi museum;
  8. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pemberian ijin membawa benda cagar budaya ke luar Kabupaten;
  9. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pemberian penghargaan bidang sejarah lokal;
  10. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kebijakan penetapan Benda Cagar Budaya (BCB)/situs budaya;
  11. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan pedoman teknis pengawasan di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  12. melaksanakan pengawasan penyelenggaraan museum dan penerapan pedoman penelitian arkeologi;
  13. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kerjasama di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  14. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  15. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  16. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  17. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi di bidang  Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  18. melaksanakan ketatausahaan di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional;
  19. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas di bidang Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional; dan
  20. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Nama Jabatan                     :    Kepala Seksi Seni dan Budaya

Pemegang Jabatan                :    David Dino Wijayanto, S.Sn

Unit Kerja                               :    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                          :    Membantu Kepala Bidang dalam penyelenggaraan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program

kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang bina seni dan budaya.

                 Fungsi         :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang seni dan budaya;
  2. pengelolaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang seni dan budaya;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang seni dan budaya ; dan
  4. pelaksanaan tugas lain, yang diberikan oleh Bidang Kebudayaan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Uraian Tugas :

  1. membantu Kepala Bidang Kebudayaan dalam pelaksanaan tugas di bidang seni dan budaya ;
  2. menyiapkan rencana dan program kerja Seksi seni dan budaya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan, sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  4. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas, peningkatan produktivitas dan pengembangan karier para bawahan;
  5. memantau, mengendalikan, mengevaluasi, dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
  6. melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja terkait dalam rangka pelaksanaan kebijakan Seksi seni dan budaya;
  7. melaksanakan kebijakan teknis di bidang seni dan budaya meliputi pembinaan dan pengembangan seni dan budaya;
  8. melaksanakan pelayanan umum bidang seni dan budaya;
  9. melaksanakan pemberdayaan kepada seniman dan budayawan;
  10. mengikuti persiapan dan perkembangan pelaksanaan kegiatan seni dan budaya;
  11. melaksanakan inventarisasi permasalahan di bidang seni dan budaya serta merumuskan langkah-langkah kebijakan, saran pemecahannya;
  12. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang seni dan budaya ;
  13. melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan seniman dan budayawan;
  14. mengikutsertakan seniman dan budayawan ke pagelaran seni dan budaya tingkat lokal, nasional dan mancanegara sebagai promosi seni dan budaya Kabupaten Sanggau;
  15. memfasilitasi pembentukan wadah para seniman dan budayawan Kabupaten Sanggau;
  16. menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran dan pelaksanaan anggaran Seksi seni dan budaya;
  17. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi seni dan budaya, dengan satuan kerja terkait/ Tim/Panitia Anggaran;
  18. memberikan saran dan bahan petimbangan kepada Kepala Bidang Kebudayaan, yang berkaitan dengan bidang seni dan budaya, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
  19. melaporakan kepada Kepala Bidang Kebudayaan, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  20. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/kegiatan Seksi seni dan budaya, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  21. melaksanakan tugas kebidanasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Nama Jabatan                  :   Kepala Seksi Pengembangan SDM Seni dan Budaya

Pemegang Jabatan            :   Adriansyah

Unit Kerja                           :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                      :   Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya.

Fungsi         :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya.

Uraian Tugas :

  1. Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas di bidang pengembangan SDM seni dan budaya.
  2. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  4. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  5. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  6. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan pedoman teknis pengawasan pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  7. melaksanakan pengawasan terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang Seni dan Budaya;
  8. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kebijakan rencana pengadaan sumber daya manusia Seni dan Budaya;
  9. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kerjasama pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  10. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  11. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  12. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  13. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  14. melaksanakan ketatausahaan pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya;
  15. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang Seni dan Budaya;
  16. menyiapkan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan anggaran Seksi Seni dan Budaya;
  17. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi Seni dan Budaya, dengan satuan kerja terkait/ Tim/ Panitia Anggaran;
  18. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Bidang Kebudayaan, yang berkaitan dengan bidang Seni dan Budaya, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
  19. melaporkan kepada Kepala Bidang Kebudayaan, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  20. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi Seni dan Budaya, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  21. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas pengembangan sumber daya manusia di bidang Seni dan Budaya; dan
  22. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.;

 

Nama Jabatan            :    Kepala Bidang Pariwisata

Pemegang Jabatan       :     Bahzar, S.Pd

Unit Kerja                      :     Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                 :     Melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis dan pembinaan serta pengendalian administrasi teknis di bidang Pariwisata.

Fungsi                      :

  1. Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Bina ODTW, Bina Usaha Jasa dan Sarana pariwisata serta pengembangan SDM bidang Pariwisata;
  2. Pengelolaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Pariwisata;
    1. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Bina ODTW, Bina Usaha Jasa dan Sarana pariwisata serta pengembangan SDM bidang Pariwisata;
    2. Pengendalian administrasi dan teknis di bidang Bina ODTW, Bina Usaha Jasa dan Sarana pariwisata serta pengembangan SDM bidang Pariwisata
    3. Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas

Uraian Tugas :

  1. Membantu Kepala Dinas, dalam pelaksanaan tugas di bidang Pariwisata.
  2. mengelola penyusunan rencana dan program kerja bidang pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas bidang;
    1. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada para kepala seksi sesuai bidang tugasnya;
    2. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas, peningkatan produktivitas dan pengembangan karier bawahan;
    3. memantau, mengendalikan, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
    4. mengkoordinasikan dengan satuan kerja terkait dalam pelaksanaan kegiatan bidang pariwisata;
    5. menyusun dan merumuskan kebijakan teknis di bidang pariwisata;
    6. mengelola penetapan pagu anggaran, sesuai dengan kebutuhan kegiatan dan kemampuan pembiayaan daerah;
    7. mengikuti persiapan dan perkembangan pelaksanaan kegiatan pariwisata;
    8. mengelola inventarisasi permasalahan di bidang pariwisata serta merumuskan langkah-langkah kebijakan, saran pemecahan untuk dijadikan bahan dalam pemantauan kebijakan Kepala Dinas lebih lanjut;
    9. mengelola pelayanan umum di bidang pariwisata;
    10. mengelola pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian bidang pariwisata;
    11. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Dinas, yang terkait dengan kebijakan bidang pariwisata dalam rangka pengambilan keputusan/ kebijakan;
    12. mengoordinasikan penyusunan rencana anggaran dan pelaksanaan anggaran lingkup Bidang Pariwisata;
    13. bersama dengan Sekretaris melaksanakan asistensi/pembahasan rencana anggaran Bidang Pariwisata dengan satuan kerja terkait/Tim Anggaran/Panitia Anggaran;
    14. melaporkan kepada Kepala Dinas, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
    15. melaporkan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/ kegiatan bidang Pariwisata, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
    16. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Nama Jabatan            :  Kepala Seksi Bina ODTW Pariwisata

Pemegang Jabatan       :  Leonardus

Unit Kerja                      :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                 :  Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan  tugas operasional dan administratif di bidang Bina ODTW Pariwisata.

Fungsi                      :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja Bina ODTW Pariwisata di bidang Pariwisata; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif Bina ODTW Pariwisata di bidang Pariwisata.

Uraian Tugas :

  1. membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas di bidang Bina ODTW pariwisata;
    1. menyusun rencana dan program kerja Seksi Bina ODTW Pariwisata sebagai pedoman  pelaksana tugas;
    2. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    3. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas;
    4. memantau, mengendalikan, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
    5. Pelaksanaan dan penyiapan bahan rumusan kebijakan di bidang pengembangan obyek wisata ;
    6. melaksanakan penetapan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Kabupaten;
    7. melaksanakan kebijakan nasional dan propinsi serta penetapan kebijakan Kabupaten dalam penerapan standarisasi penataan obyek dan operasional pariwisata;
    8. melaksanakan kerjasama pengembangan obyek wisata skala Kabupaten;
    9.  
    10. melaksanakan kebijakan nasional/ propinsi serta penetapan kebijakan Kabupaten dalam penerapan sumber daya manusia obyek pariwisata;
    11.  
    12. Perumusan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang kemudahan pengembangan obyek wisata ;
    13. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang sumber daya wisata, keterpaduan antar wilayah fasilitas produk pariwisata, lingkungan daya tarik wisata dan produk pariwisata unggulan;
    14. Memberikan pertimbangan kepada atasan baik tertulis maupun tidak tertulis Sebagai bahan masukan pengambilan kebijakan teknis;
    15. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    16. melaksanakan ketatausahaan Bina ODTW di bidang Pariwisata;
    17. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang Bina ODTW Pariwisata;
    18. menyiapkan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan anggaran Seksi Bina ODTW Pariwisata;
    19. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi Bina ODTW Pariwisata, dengan satuan kerja terkait/ Tim/ Panitia Anggaran;
    20. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Bidang Pariwisata, yang berkaitan dengan bidang Bina ODTW Pariwisata, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
    21. melaporkan kepada Kepala Bidang Pariwisata, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
    22. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi Bina ODTW pariwisata, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
    23. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pariwisata, sesuai dengan tugas dan fungsinya.melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas Bina ODTW di bidang Pariwisata;

 

Nama Jabatan              :   Kepala Seksi Bina Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata

Pemegang Jabatan         :   Eddy Santana, S.STP.

Unit Kerja                        :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                   :   Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanakan penyusunan dan analisis  data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang Bina Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata.

               Fungsi                      :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja Bina Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata di bidang Pariwisata; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif Bina Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata di bidang Pariwisata.

Uraian Tugas            :

  1. membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas di bidang usaha jasa dan sarana pariwisata;
  2. menyusun rencana dan program kerja Seksi Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata sebagai pedoman pelaksana tugas;
  3. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas;
  5. memantau, mengendalikan, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
  6. melaksanakan koodinasi dan hubungan kerja dengan asosiasi-asosiasi serta lembaga-lembaga pariwisata seperti ASITA, PHRI, HPI, PUTRI dan instansi terkait, dalam upaya meningkatkan kemitraan untuk pengembangan pariwisata kabupaten;
  7. melaksanakan kebijakan nasional dan propinsi serta penetapan kebijakan kabupaten dalam penerapan standarisasi , pengembangan , pembinaan dan penyelenggaraan serta penelitian bidang usaha jasa dan sarana pariwisata;
  8. melaksanakan pendataan usaha jasa dan sarana pariwisata;
  9. Membuat brosur / leaflet sesuai dengan data yang masuk dari instansi teknis terkait untuk disampaikan kepada pihak-pihak yang memerlukan
  10. melaksanakan pengawasan/pemantauan serta evaluasi terhadap kegiatan usaha pengembangan pariwisata;
  11. melakukan proses penyelenggaraan administrasi rekomendasi terhadap usaha-usaha kepariwisataan bekerjasama dengan instansi terkait;
  12. Memberikan pertimbangan kepada atasan baik tertulis maupun tidak tertulis Sebagai bahan masukan pengambilan kebijakan teknis;
  13. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  14. melaksanakan ketatausahaan bina usaha jasa dan sarana di bidang Pariwisata;
  15. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang bina usaha jasa dan sarana Pariwisata;
  16. menyiapkan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan anggaran Seksi bina usaha jasa dan sarana Pariwisata;
  17. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi bina usaha jasa dan sarana Pariwisata, dengan satuan kerja terkait/ Tim/ Panitia Anggaran;
  18. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Bidang Pariwisata, yang berkaitan dengan bidang bina usaha jasa dan sarana Pariwisata, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
  19. melaporkan kepada Kepala Bidang Pariwisata, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  20. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi bina usaha jasa dan sarana pariwisata, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  21. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pariwisata, sesuai dengan tugas dan fungsinya.melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas bina usaha jasa dan sarana di bidang Pariwisata; dan
  22. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.;

 

Nama Jabatan             :   Kepala Seksi Pengembangan SDM Pariwisata

Pemegang Jabatan        :   Utin Asnawati

Unit Kerja                       :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                  :   Membantu Kepala alam pelaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata.

Fungsi                            :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    1. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    2. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    3. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan pedoman teknis pengawasan pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    4. melaksanakan pengawasan terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata;
    5. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kebijakan rencana pengadaan sumber daya manusia pariwisata;
    6. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kerjasama pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    7. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    8. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
    9. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    10. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    11. melaksanakan ketatausahaan pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata;
    12. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata; dan
    13. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.;
    14. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

 

Nama Jabatan            :    Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi

Pemegang Jabatan       :    Lisa Kumala,S.Sos

Unit Kerja                      :    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                 :  Melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis dan pembinaan serta pengendalian administrasi teknis di bidang Kerjasama dan Promosi.

Fungsi         :

  1. Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang kerjasama dan promosi seni budaya, pariwisata dan analisa pasar bidang Kerjasama dan Promosi;
  2. Pengelolaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Kerjasama dan Promosi;
    1. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kerjasama dan promosi seni budaya, pariwisata dan analisa pasar bidang Kerjasama dan Promosi;
    2. Pengendalian administrasi dan teknis di bidang kerjasama dan promosi seni budaya, pariwisata dan analisa pasar bidang Kerjasama dan Promosi;
    3. Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas

Uraian Tugas :

  1. Membantu Kepala Dinas dalam pelaksanaan tugas di Bidang Kerjasama dan Promosi;
  2. menyusun rencana kerja Bidang Kerjasama dan Promosi berdasarkan program kerja serta evaluasi hasil kegiatan tahun yang lalu sebagai acuan pelaksanaan kegiatan;
  3. menyusun kebijakan teknis dibidang pariwisata yang meliputi kerjasama dan promosi seni budaya, pariwisata dan analisa pasar;
  4. menyusun dan menyiapkan bahan rencana dan program kerja dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  5. menyusun rencana kegiatan operasional bidang Kerjasama dan Promosi berdasarkan program kerja;
  6. melaksanakan identifikasi, analisa potensi guna menyusun program tahunan, lima tahunan dan jangka panjang serta memonitoring  dan mengevaluasi terhadap kegiatan yang sedang berjalan sebagai bahan laporan;
  7. melaksanakan pengembangan koordinasi dengan sektor dan unit kerja lain dengan menghubungi dan mendiskusikan program  yang akan datang, yang sedang berjalan guna pencapaian tujuan secara maksimal;;
  8. melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis Kerjasama dan Promosi wisata;
  9. melaksanakan evaluasi pelaksanaan program kerja dinas untuk menyusun program kegiatan yang akan datang;
  10. mengelola inventarisasi permasalahan di bidang pariwisata serta merumuskan langkah-langkah kebijakan, saran pemecahan untuk dijadikan bahan dalam pemantauan kebijakan Kepala Dinas lebih lanjut;
  11. mengelola pelayanan umum di bidang Kerjasama dan Promosi;
  12. mengelola pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian bidang Kerjasama dan Promosi;
  13. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Dinas, yang terkait dengan kebijakan bidang Kerjasama dan Promosi dalam rangka pengambilan keputusan/ kebijakan;
  14. mengoordinasikan penyusunan rencana anggaran dan pelaksanaan anggaran lingkup Bidang Kerjasama dan Promosi;
  15. bersama dengan Sekretaris melaksanakan asistensi/pembahasan rencana anggaran Bidang Kerjasama dan Promosi dengan satuan kerja terkait/Tim Anggaran/Panitia Anggaran;
  16. melaporkan kepada Kepala Dinas, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  17. melaporkan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/ kegiatan bidang Kerjasama dan Promosi, sesuai ketentuan yang berlaku; dan.
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Nama Jabatan                     :   Kepala Seksi Seni dan Budaya

Pemegang Jabatan                :   Maria Agnes Supri Kartini

Unit Kerja                               :   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                          :   Membantu Kepala Bidang dalam penyelenggaraan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program

kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang bina seni dan budaya.

Fungsi                                   :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja bidang Seni dan Budaya ; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif bidang seni dan budaya.

Uraian Tugas :

  1. melaksanakan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi seni dan budaya;
  2. melaksanakan pembinaan dan penguatan lembaga kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan lembaga komunitas adat untuk mengembangkan apresiasi budaya dalam berbagai bentuk kegiatan;
  3. melakukan pengembangan jaringan informasi kebudayaan kepada kelompok-kelompok masyarakat, mengapresiasikan dan mengaktualisasikan kegiatan budaya;
  4. memberikan bantuan teknis dan pembinaan kepada kelompok-kelompok masyarakat untuk mengapresiasikan dan mengaktualisasikan kegiatan budaya;
  5. melaksanakan program/kegiatan perlindungan, pengembangan dan pemberdayaan kebudayaan;
  6. melakukan inventarisasi dan menghimpun jenis-jenis sarana kebudayaan;
  7. memanfaatkan sumber daya kebudayaan dalam rangka peningkatan daya tarik wisata menurut karakteristik budaya yang berkembang di masyarakat;
  8. melaksanakan pembinaan dan pertukaran budaya antar kelompok/organisasi masyarakat;
  9. menyelenggarakan festival budaya secara berkala dalam rangka meningkatkan dan aktualisasi budaya;
  10. melakukan kerja sama dengan kelompok-kelompok kesenian tradisional dalam rangka pelestarian nilai-nilai seni tradisional;
  11. melaksanakan inventarisasi dan menghimpun data kelompok organisasi kesenian, seniman modern/kontemporer;
  12. mempersiapkan dan menyusun materi/pedoman pelaksanaan pembinaan kesenian modern/kontemporer dan tradisional;
  13. memfasilitasi pelaksanaan kegiatan organisasi kesenian tradisional (tari, musik, teater dan film);
  14. melakukan evaluasi/penilaian terhadap organisasi kesenian dan perfilman;
  15. melaksanakan dan memfasilitasi pembuatan film dokumenter tentang kebudayaan dan kesenian;
  16. melaksanakan pengumpulan dan menginventarisasi sarana kesenian;
  17. melakukan penyebarluasan pedoman/petunjuk penggunaan dan pemeliharaan sarana kesenian;
  18. melakukan koordinasi dan kerjasama dengan unit kerja/instansi terkait dalam rangka pelaksanaan/penggalian dan pelestarian kesenian tradisional, kesenian moderen/kontemporer dan sarana kesenian;
  19. melakukan koordinasi dengan instansi/unit kerja yang terkait dalam rangka pelestarian nilai luhur budaya bangsa;
  20. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas;
  21. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

Nama Jabatan             :     Kepala Seksi Kerjasama dan Promosi Seni dan Budaya

Pemegang Jabatan       :     Megawati, S.Sn

Unit Kerja                      :     Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                 :     Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta

pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang Kerjasama dan Promosi Seni dan Budaya.

Fungsi                       :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja Kerjasama dan Promosi Seni dan Budaya di bidang Kerjasama dan Promosi; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif Kerjasama dan Promosi Seni dan Budaya di bidang Kerjasama dan Promosi.

Uraian Tugas :

  1. membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas di bidang Kerjasama dan Promosi;
  2. menyusun rencana dan program kerja Seksi Kerjasama dan Promosi Seni dan Budaya sebagai pedoman pelaksana tugas;
  3. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas;
  5. memantau, mengendalikan, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
  6. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan koordinasi di bidang kerjasama dan promosi Seni dan Budaya ;
  7. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis di bidang kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  8. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  9. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengadaan sarana kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  10. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pelaksanaan event-event kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  11. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan kerjasama di bidang kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  12. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi di bidang  kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  13. menerbitkan dan menyelenggarakan pengadaan bahan promosi/publikasi kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  14. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bidang kerjasama dan promosi Seni dan Budaya;
  15. melaksanakan tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kerjasama dan promosi seni dan budaya;
  16. Memberikan pertimbangan kepada atasan baik tertulis maupun tidak tertulis Sebagai bahan masukan pengambilan kebijakan teknis;
  17. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  18. melaksanakan ketatausahaan kerjasama dan promosi seni dan budaya di bidang Kerjasama dan Promosi;
  19. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang kerjasama dan promosi seni dan budaya;
  20. menyiapkan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan anggaran Seksi kerjasama dan promosi seni dan budaya;
  21. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi kerjasama dan promosi seni dan budaya, dengan satuan kerja terkait/ Tim/ Panitia Anggaran;
  22. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, yang berkaitan dengan bidang kerjasama dan promosi seni dan budaya, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
  23. melaporkan kepada Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  24. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi kerjasama dan promosi seni dan budaya, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  25. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Nama Jabatan              :    Kepala Seksi Analisa Pasar

Pemegang Jabatan         :    Erny,SSt.Par

Unit Kerja                        :    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sanggau.

Tugas Pokok                   :    Membantu Kepala Bidang dalam pelaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif analisa pasar di bidang Kerjasama dan Promosi.

Fungsi           :

  1. penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja analisa pasar di bidang Kerjasama dan Promosi; dan
  2. pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif analisa pasar di bidang Kerjasama dan Promosi.

Uraian Tugas :

  1. membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas di bidang Kerjasama dan Promosi;
  2. menyusun rencana dan program kerja seksi analisa pasar sebagai pedoman pelaksana tugas;
  3. mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4. membina dan memotivasi bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas;
  5. memantau, mengendalikan, mengevaluasi dan menilai pelaksanaan tugas bawahan;
  6. Pelaksanaan dan penyiapan bahan rumusan kebijakan di bidang analisa dan pengembangan pasar;
  7. Perumusan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang informasi pasar dalam negeri, informasi pasar luar negeri, hubungan lembaga pariwisata dan widya wisata serta strategi pemasaran;
  8. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang informasi pasar dalam negeri, informasi pasar luar negeri hubungan lembaga pariwisata dan widya wisata serta strategi pemasaran;
  9. melakukan analisa perkembangan pasar wisata dan pola perjalanan/kunjungan wisata secara individual atau kelompok;
  10. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pengembangan sistem informasi pemasaran pariwisata;
  11. melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan pembentukan pusat pelayanan informasi pariwisata;
  12. melakukan penyusunan data base profil wisata dalam rangka persiapan bahan kerjasama dan promosi serta evaluasi;
  13. Memberikan pertimbangan kepada atasan baik tertulis maupun tidak tertulis sebagai bahan masukan pengambilan kebijakan teknis;
  14. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  15. melaksanakan ketatausahaan analisa pasar di bidang kebudayaan dan kepariwisataan;
  16. melaksanakan pemantauan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pencapaian program bidang analisa pasar;
  17. menyiapkan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan anggaran seksi analisa pasar;
  18. bersama Kepala Subbagian Keuangan, melaksanakan asistensi/ pembahasan rencana anggaran Seksi analisa pasar, dengan satuan kerja terkait/ Tim/ Panitia Anggaran;
  19. memberikan saran dan bahan pertimbangan kepada Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, yang berkaitan dengan bidang analisa pasar, dalam rangka pengembalian keputusan/ kebijakan;
  20. melaporkan kepada Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, setiap selesai melaksanakan tugas/ penugasan;
  21. melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi analisa pasar, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  22. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

Pencarian

Air Terjun Saka Dua

Dibaca: 3164 kali

Wisata Danau Lait

Dibaca: 1937 kali

Mess Pemda Sanggau

Dibaca: 1714 kali

PERESMIAN JEMBATAN TAYAN

Kamis, 24 Maret 2016

KONSER MUSIK DI ENTIKONG

Senin, 29 Februari 2016

STUDY TOUR KADISBUDPAR SANGGAU KE BALI

Minggu, 28 Februari 2016

RUMAH BETANG PANJANG KOPAR

Kamis, 10 September 2015

MASJID JAMI’ DARUSSALAM

Kamis, 10 September 2015



semua agenda

Agenda

15 Agustus 2015
Hiburan Rakyat 17 Agustus
01 Juni 2015
Musyawarah Adat Dayak
semua download

Download

Jajak Pendapat

Fasilitas apa yang perlu ditambah atau diperbaiki di Objek Wisata Pancur Aji ?
Fasilitas MCK, Parkir dll
Water Boom
Taman Bermain
Akses Jalan

Lihat